Wednesday 11 April 2012

software, shareware dan PC


Software adalah salah satu komponen utama dari sebuah komputer. Tanpa software komputer yang canggih sekalipun tidak akan dapat berfungsi.
Apa itu Software ? 
 
   
Software adalah sebutan untuk semua jenis program komputer. Program-program ini terdiri dari kumpulan perintah-perintah yang memberitahukan kepada PC, apa yang harus diperbuat, apa yang harus ditampilkan di monitor, apa yang harus dicetak, dan lain-lain.
    Biasanya software dicopy ke dalam harddisk melalui disket atau CD-ROM. Pada saat membeli PC, seringkali telah diinstallasikan beberapa  program penting seperti sistem operasi Windows dan program lain ke dalam harddisk.
    Untuk mengaktifkan program, pemakai harus menyalakan PC dan memilih program yang diinginkan. Biasanya program ditampilkan dalam bentuk icon kecil atau menu. Pada saat diaktifkan, komputer akan mencari program tersebut dari dalam harddisk dan meloadnya ke dalam memory kerja.
    Sistem operasi Windows memiliki sebuah layar permukaan grafis dan jendela-jendela (window) yang berisikan menu-menu. Penggunaan Windows pada dasarnya cukup mudah.
Dalam Windows, tampilan layar dan cetakan berbasis pada prinsip WYSIWYG (What You See Is What You Get). Ini berarti hasil cetakannya mirip dengan tampilan yang ada di layar. Apabila anda telah terbiasa dengan menu-menu dan cara kerja Windows, berarti anda dapat bekerja dengan hampir semua program Windows meskipun baru pertama kali mencobanya. Untuk setiap jenis tugas atau pekerjaan biasanya tersedia software yang sesuai.
Apa itu Shareware ? 
 
  
 Shareware bukanlah jenis software, tapi merupakan metode distribusi dan penjualan. Beberapa produsen memasarkan software mereka dengan moto: coba dulu baru bayar! (try before buy). Software yang dipasarkan dengan cara inilah yang disebut dengan shareware.
    Meskipun shareware mempunyai hak cipta (copyright), tapi bisa dicopy dan digunakan secara gratis atau disebar-luaskan kepada orang lain.
    Biasanya shareware mempunyai jangka waktu pemakaian atau masa percobaan (trial period), yang berkisar antara 20 hari sampai 30 hari. Sesudah masa percobaan tersebut berakhir, shareware tidak bisa digunakan lagi. Jika masih berminat, pemakai harus meregistrasikan program tersebut dan membayarnya.
    Bila tidak ada batas pemakaian, maka biasanya versi shareware tersebut bukanlah versi lengkap (Full Version), melainkan versi demo atau preview. Untuk mendapat versi lengkapnya, pemakai harus memesan dan membayar.
    Shareware memberikan beberapa keuntungan dibandingkan software-software komersial, karena sengan mendapatkan program tersebut secara gratis, pemakai bisa mencoba dan menggunakan software tersebut secara bebas sebelum membayarnya.
    Sistem shareware itu adil selama setiap orang berpegang pada aturan yang ada dan menghargai hasil karya orang lain.

PC (Personal Computer)
   
PC (Personal Computer) adalah komputer yang pada awalnya dikembangkan oleh IBM. IBM tidak keberatan produsen-produsen lain mengkopi konsep dasar IBM, sehingga banyak produsen komputer yang beralih membuat PC yang berfungsi sama seperti PC-IBM asli. Ketika PC semakin bertambah banyak dipasaran, para produsen software juga mulai membuat program-program untuk komputer jenis ini. Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut, para produsen kembali terangsang untuk memproduksi komputer jenis IBM-PC.
    Dengan demikian PC menjadi jenis komputer yang tersukses diseluruh dunia. Karena alasan ini pula, maka setiap bagian dari Easy PC membahas produk-produk PC sebagai temanya.

Apple Macintosh
    
Apple mulai membuat jenis PCnya sendiri, yaitu Macintosh atau sering disebut Mac kira-kira pada saat yang sama pada saat PC dilahirkan. Komputer jenis ini tidak kompatibel dengan hardware dan software PC. Apple sebagai produsen pertama telah menciptakan sebuah layar permukaan grafis dengan penggunaan gambar-gambar dan jendela-jendela (window), beberapa tahun sebelum Microsoft Windows terkenal.
    Sejak awal Apple memproduksi peralatan-perralatan lengkap. Ini berarti bahwa orang tidak perlu lagi membeli alat-alat tambahan untuk memperoleh apa yang diinginkan, karena memang dari pabriknya komputer Apple sudah dapat menghasilkan suara. Dan jika dibandingkan dengan PC yang lama, penggunaan Mac jauh lebih mudah.
    Macintosh berkembang menjadi komputer yang digemari orang-orang dari bidang-bidang kreatif seperti arsitek, musisi dan grafik designer yang memerlukan sebuah komputer yang handal dan mudah dioperasikan. Sampai sekarang Mac masih menjadi alternatif utama bagi PC.

PC lainnya
Memang banyak produsen yang mengikuti konsep IBM, namun beberapa produsen mengembangkan sistem komputernya sendiri. Sistem ini tidak kompatibel dengan PC. Artinya, hardware dan software yang dikembangkan untuk sistem ini tidak dapat berjalan dalam sistem PC.
    Terlepas dari standar IBM tersebut, maka terciptalah home-computer yang dalam aspek-aspek tertentu menjadi lebih baik dan lebih sesuai untuk bidang-bidang tertentu seperti games, penyunting gambar dan penyunting suara. Komputer ini terutama sekali digunakan oleh orang-orang yang mempunyai minat dan tujuan yang khusus. 

No comments:

Post a Comment